6 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik, Dijamin Pemula Jadi Makin Percaya Diri

Dengan berbagai aplikasi belajar bahasa Inggris yang tersedia saat ini, proses pembelajaran bahasa Inggris menjadi lebih mudah dan efisien daripada sebelumnya. Aplikasi-aplikasi ini menghilangkan ketergantungan pada kamus konvensional, memungkinkan pengguna untuk meningkatkan kemampuan membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara dalam bahasa Inggris hanya dengan menggunakan smartphone.

Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi belajar bahasa Inggris yang menawarkan fitur dan keunggulan yang beragam, memungkinkan pengguna untuk memilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik

Dalam era digital seperti sekarang, belajar bahasa Inggris menjadi lebih mudah dan efisien berkat kehadiran berbagai aplikasi belajar. Dengan menggunakan smartphone, Anda dapat meningkatkan kemampuan membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara dalam bahasa Inggris.

1. Duolingo

Duolingo adalah salah satu aplikasi belajar bahasa Inggris yang paling populer dan telah diunduh lebih dari 100 juta kali di seluruh dunia. Aplikasi ini tidak hanya memungkinkan Anda untuk mempelajari bahasa Inggris, tetapi juga lebih dari 40 bahasa lainnya secara gratis. Duolingo menawarkan pembelajaran yang menyenangkan melalui metode permainan yang melibatkan karakter-karakter menarik. Anda dapat melatih kemampuan berbicara, membaca, mendengarkan, dan menulis, serta menetapkan target pribadi untuk motivasi tambahan.

2. HelloTalk

HelloTalk adalah aplikasi yang cocok untuk Anda yang ingin fokus pada pengembangan kemampuan berbicara. Dengan HelloTalk, Anda dapat berkomunikasi langsung dengan penutur asli bahasa Inggris dan bahasa lainnya. Aplikasi ini memungkinkan pertukaran bahasa dengan memberikan kesempatan kepada Anda untuk mengajar bahasa Indonesia kepada mereka yang ingin mempelajarinya. Fitur chat, panggilan suara, terjemahan, dan koreksi teks membantu meningkatkan kemampuan Anda secara efektif.

3. Tandem: Language Exchange

Tandem juga menawarkan layanan pertukaran bahasa yang memungkinkan Anda berinteraksi dengan penutur asli bahasa Inggris dan lebih dari 300 bahasa lainnya. Dengan mengisi profil Anda dengan informasi yang relevan, Anda dapat mencari partner belajar yang sesuai dengan preferensi Anda. Terjemahan, fitur chat, panggilan suara, dan panggilan video membantu dalam komunikasi dan pemahaman bahasa Inggris.

4. Grammarly

Grammarly adalah aplikasi yang sangat membantu dalam memperbaiki kesalahan tata bahasa, ejaan, dan tanda baca dalam bahasa Inggris. Dengan mengaktifkan Grammarly di perangkat Anda, Anda dapat secara otomatis mendapatkan saran perbaikan dalam chat, email, media sosial, dan lainnya. Fitur Grammarly Premium bahkan menawarkan ekspansi kosakata, perbaikan kefasihan, pilihan kata yang lebih beragam, dan deteksi nada penulisan.

5. Beelinguapp

Beelinguapp menawarkan pembelajaran bahasa Inggris melalui metode storytelling dengan menyediakan cerita dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia secara berdampingan. Anda dapat membaca dan mendengarkan cerita serta konten berita dalam bahasa Inggris dan belasan bahasa lainnya. Fitur ini membantu Anda memahami konteks dan terjemahan dengan lebih baik.

6. Busuu

Busuu adalah aplikasi yang menawarkan pembelajaran bahasa Inggris melalui percakapan langsung dengan penutur asli, pelatihan kosakata, dan penilaian tata bahasa berbasis kecerdasan buatan. Anda juga dapat menerima sertifikat resmi dari Busuu sebagai bukti kemampuan bahasa Inggris Anda.

Dengan menggunakan salah satu atau beberapa aplikasi di atas, Anda dapat memperdalam kemampuan bahasa Inggris Anda dengan cara yang lebih fleksibel dan menyenangkan. Pilihlah aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda, dan mulailah perjalanan belajar bahasa Inggris Anda hari ini!