Cara Meredakan Sakit Gigi dengan Bahan Alami Tanpa Obat

Cara Meredakan Sakit Gigi – Penyakit gigi merupakan salah satu masalah gigi yang paling menyakitkan. Ungkapan “lebih baik patah hati daripada sakit gigi” sepertinya masuk akal. Alasannya adalah karena sakit gigi tidak hanya membuat Anda tidak bisa makan, tetapi juga dapat memengaruhi suasana hati dan bahkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Lantas bagaimana Cara MengobatiSakit Gigi dengan Bahan Alami Tanpa Obat yang parah? Simak ulasannya di bawah ini.

Cara Mengatasi Sakit Gigi tanpa Obat

Ada banyak cara menghilangkan sakit gigi di rumah tanpa obat. Pengobatan rumahan ini dapat digunakan untuk meredakan nyeri sambil menunggu jadwal kunjungan ke dokter gigi untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Diantara mereka:

  • Oleskan kompres es atau kompres dingin ke pipi yang menyebabkan sakit gigi. Dinginnya es bisa membuat area yang sakit berhenti dan membuatnya lebih baik. Bilas selama 30 detik dengan campuran air dan hidrogen peroksida 3%. Hidrogen peroksida dapat membunuh bakteri dan mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Keringkan dengan larutan air panas dan sesendok garam. Garam merupakan antiseptik yang dapat mengurangi pembengkakan, menyembuhkan infeksi dan membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi. Oleskan minyak cengkih pada sakit gigi. Cengkeh memiliki kandungan antiseptik alami berupa eugenol. Mengunyah atau mengoleskan bawang putih/bawang merah yang dihancurkan ke daerah yang terkena dapat mengurangi rasa sakit dan bengkak karena mengandung allicin yang merupakan anti-inflamasi.
  • Kantong teh yang mengandung tanin dapat mengurangi sakit gigi dengan mengoleskannya pada gigi saat panas dan lembab. Hancurkan jahe yang sudah dikupas dan diparut dan biarkan di dalam mulut Anda selama sekitar satu jam untuk membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak.
  • Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Untuk menghilangkan sakit gigi, campurkan bubuk kunyit dengan air atau madu hingga kental dan oleskan pada bagian yang sakit.
  • Taruh seiris lemon pada gigi yang sakit dan buang airnya. Kandungan vitamin C pada lemon baik untuk kesehatan gigi.
  • Konsumsilah daun jambu biji yang sudah dicuci bersih atau kumur-kumur dengan ekstrak daun jambu biji. Kandungan antimikroba pada jambu biji dapat mengurangi pembengkakan dan nyeri.

Bisakah sakit gigi hilang dalam lima menit?

Orang dengan gigi berlubang mungkin tidak memperhatikannya karena tidak sakit. Kerusakan gigi tidak selalu menyebabkan sakit gigi. Namun, ketika karies mencapai tingkat infeksi saraf gigi, sakit gigi khusus dapat terjadi. Jika Anda mengalami kejadian seperti ini, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari cara untuk menghilangkan sakit gigi sesegera mungkin.

Untuk menghilangkan sakit gigi dengan cepat, bahkan dalam 5 menit, Anda dapat melakukannya jika Anda memiliki obat. Tapi, jika tidak punya obat, Anda bisa mencari benda lain yang biasa ditemukan di dapur atau di kamar tidur dengan pembersih kamar mandi.

Dua bahan utama yang digunakan untuk mencoba menghilangkan sakit gigi darurat adalah hidrogen peroksida dan garam. Hidrogen peroksida umumnya digunakan sebagai pembersih kamar mandi. Sedangkan garam adalah bumbu utama di dapur, jadi harus ada. Mengapa gigi sakit?

Ada banyak jenis sakit gigi, mulai dari nyeri tumpul yang terus-menerus hingga nyeri yang datang dan pergi. Umumnya gigi terasa sakit karena gigi masih dalam tahap awal pembusukan. Pemutihan gigi adalah proses bertahap. Selama proses ini, gigi dapat bergetar yang menandakan ada gigi yang mulai berlubang.

Sakit gigi adalah salah satu jenis sakit gigi yang paling umum. Selain timbulnya kerusakan gigi, faktor penyebab kerusakan gigi antara lain:

  • Penyakit gusi atau penyakit periodontal dapat menyebabkan sakit gigi yang datang dan pergi. Seringkali ada rasa sakit tidak hanya di gigi, tapi juga di rahang. Jika gigi sudah diperbaiki, tambalan yang buruk atau rusak juga bisa menyebabkan sakit gigi.
  • Gigi yang terinfeksi bakteri juga bisa menyebabkan serangan jantung. Penyakit ini bermula dari gigi dan dapat menyebar ke tulang rahang bahkan ke bagian tubuh lainnya.

Cara Memahami sakit gigi dengan cepat

Sakit gigi adalah rasa sakit yang Anda rasakan di dalam atau di sekitar gigi Anda. Rasa sakit dapat bervariasi dari ringan hingga berat. Anda mungkin mengalami nyeri tajam yang konstan atau datang dan pergi. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari gigi, gusi bengkak, gigi berlubang, abses gigi (adanya nanah di akar gigi), gigi patah/patah, tambalan gigi yang sudah tua rusak, dll.
Gejala sakit gigi bukan hanya rasa sakit. Seringkali, kondisi ini disertai dengan banyak gejala lain yang kurang serius. Karena gusi dan gusi di sekitar gigi yang terkena bengkak, Anda akan kesulitan untuk membuka mulut lebar-lebar. Akibatnya, proses penggembalaan dan penggembalaan menjadi dua hal yang sulit dilakukan.

Kerusakan gigi juga dapat membuat gigi Anda sangat sensitif terhadap makanan manis serta panas dan dingin. Jika Anda tidak berhati-hati dengan pemilihan makanan dan minuman yang Anda konsumsi, gigi Anda akan terasa semakin buruk. Bahkan gejala sakit gigi disertai sakit kepala, demam, sakit telinga, sakit leher dan bau mulut. Semua gejala tersebut membuat nyeri semakin parah hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kapan Anda harus pergi ke dokter gigi?

Meski sakit gigi tidak mengancam jiwa, kondisi ini sebaiknya tidak Anda remehkan. Dalam beberapa kasus, sakit gigi bisa menjadi pertanda kondisi serius yang membutuhkan perhatian medis segera. Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter jika nyeri yang Anda rasakan sudah parah. Terlepas dari penyebabnya, Anda juga harus memeriksakan diri ke dokter jika nyeri berlanjut lebih dari dua hari dan disertai demam, sesak napas, nyeri hebat saat membuka mulut, warna merah yang tidak biasa pada gusi, dan bau yang tidak sedap. melarikan diri

Pengobatan yang dokter gunakan akan tergantung dari penyebab sakit gigi Anda. Misalnya, dokter dapat melakukan penambalan jika gigi Anda berlubang atau saluran akar gigi jika lubang sudah mencapai pulpa (mempengaruhi saraf gigi). Dokter juga dapat melakukan prosedur pencabutan gigi jika itu adalah satu-satunya pilihan. Berbagai cara menyembuhkan sakit gigi di rumah
Beberapa cara mengobati sakit gigi di bawah ini bisa dijadikan pertolongan darurat sebelum ke dokter. Berikut adalah tiga langkah sederhana dan mudah yang dapat Anda lakukan untuk meredakan sakit gigi sementara:

  1. Tambahkan es batu
    Gigi berlubang seringkali disertai dengan pembengkakan pada pipi. Untuk mengurangi kondisi ini, Anda bisa mengompres pipi yang bengkak dengan es batu. Cara mengobati sakit gigi merupakan salah satu hal yang paling sederhana dan mudah. Selain mengurangi pembengkakan, kompres dingin juga membantu mengurangi nyeri dan pendarahan pada jaringan gusi. Kompres dingin dibuat dengan membungkus es batu kecil dengan handuk kecil. Kemudian letakkan handuk di area pipi yang bengkak. Biarkan selama 15-20 menit. Ulangi proses ini setidaknya tiga kali sehari atau sampai bengkak di pipi Anda mereda.
  2. Bilas dengan air garam
    Sejak zaman dahulu, menggunakan air garam hangat merupakan cara paling populer untuk mengobati sakit gigi. Air garam telah ditemukan untuk membantu mengurangi peradangan dan nyeri pada gusi dan gigi. Sebelum Anda menyikat dengan air garam, sebaiknya gunakan benang gigi terlebih dahulu untuk menghilangkan sisa makanan yang menempel di gigi Anda. Kemudian siapkan 1-2 sendok makan garam meja, dan larutkan dalam secangkir air panas. Berkumurlah dengan saline selama 30 detik, lalu bilas. Ingatlah bahwa larutan air garam ini tidak boleh ditelan. Jadi, pastikan untuk membilas air garam setelah dicuci.
  3. Obat nyeri
    Cara mengobati sakit gigi lainnya yang bisa Anda coba di rumah adalah dengan meminum obat pereda nyeri. Ada banyak obat pereda nyeri bebas resep yang tidak memerlukan resep dokter. Pastikan untuk membaca dengan seksama petunjuk penggunaan obat dan label kemasannya, terutama bila Anda sakit gigi saat hamil, petunjuk dokter penting untuk meminum obat-obatan tertentu. Ingat, jika sakit gigi Anda parah, jangan ragu untuk segera mencari pertolongan medis. Hal ini dilakukan agar Anda mendapatkan pengobatan yang tepat.

Bahan Alami yang Membantu Meredakan Sakit Gigi

Sakit gigi bisa menyiksa dan tak tertahankan. Karena di gigi terdapat saraf yang sangat sensitif. Padahal, saraf gigi adalah salah satu saraf yang paling sensitif. Seperti halnya upaya pengobatan sendiri, ada cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat. Tapi itu adalah solusi sementara. Ketidaknyamanan gigi dapat kembali jika penyebabnya tidak diatasi. Benarkah obat sakit gigi bisa menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit?

Meredakan sakit gigi akibat gigi berlubang pada gigi geraham juga bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di dapur rumah Anda. Tapi bahan alami tidak selalu baik. Karena itu, harus digunakan dengan hati-hati dan hati-hati. Selain itu, ingatlah bahwa produk alami digunakan sebagai pertolongan darurat, bukan sebagai pengobatan kuratif. Mengunjungi dokter adalah cara terbaik untuk mengobati sakit gigi yang mungkin Anda alami. Berikut adalah tiga obat alami yang paling populer untuk sakit gigi:

1. Makan Bawang Putih

Alat ini menjadi salah satu cara menyembuhkan sakit gigi yang bisa Anda coba di rumah. Bawang putih adalah antiseptik dan antibiotik alami yang dapat membantu melawan infeksi. Senyawa allicin dalam bawang putih juga dapat membantu mengurangi sakit gigi. Siapkan satu siung bawang putih, kupas dan potong menjadi dua bagian. Lalu, tambahkan sepotong bawang putih mentah ke bagian yang sakit gigi. Anda juga bisa menggiling bawang putih secara langsung selama beberapa menit.

2. Daun jambu biji

Penelitian menunjukkan bahwa daun jambu biji memiliki sifat antiradang yang dapat membantu menyembuhkan luka. Tak hanya itu, daun jambu biji juga mengandung sifat antimikroba yang dapat membantu melindungi kesehatan gigi dan mulut Anda. Cara menyembuhkan sakit gigi menggunakan daun jambu biji sangatlah mudah. Anda bisa mengunyah daun jambu biji segar secara langsung.

Namun, pastikan Anda mencuci daun jambu biji sebelum memakannya. Jika Anda tidak suka mengunyah daun jambu biji mentah, coba tambahkan daun jambu biji yang sudah dihancurkan ke dalam air mendidih. Setelah dipanaskan, Anda bisa menggunakan larutan sebagai mulut.

3. Cengkeh

Minyak cengkeh telah terbukti meredakan nyeri dan mengurangi peradangan. Hal ini karena cengkeh mengandung senyawa eugenol yang berfungsi sebagai antiseptik alami. Anda bisa menggunakan cengkeh sebagai obat kumur dengan berbagai cara. Pertama, Anda bisa mengunyah kapas yang telah dioleskan atau mengoleskan minyak cengkih pada gigi yang sakit. Kedua, Anda bisa mencampurkan satu tetes minyak cengkih ke dalam satu cangkir air hangat dan menggunakannya sebagai obat kumur. Lakukan proses ini beberapa kali sehari.

Simak Artikel Lainnya di Google News

Related posts