Chipset MediaTek Dimensity 1100, Keunggulan Dimensity POCO X3 GT

Chipset MediaTek Dimensity 1100 – Inilah Sederet Fitur Unggulan MediaTek Dimensity 1100, Chipset Andalan POCO X3 GT, POCO Indonesia punya perangkat yang digadang-gadang memiliki performa handal untuk melibas game berat. Yakni POCO X3 GT, HP baru yang dibekali chipset MediaTek Dimensity 1100.

Chipset ini memiliki Central Processing Unit (CPU) delapan-inti yang mencakup empat inti Arm Cortex-A78 yang beroperasi hingga 2,6GHz dan empat inti Arm Cortex-A55.

CPU ini berkolaborasi dengan Graphics Processing Unit (GPU) Arm Mali-G77 sembilan-inti yang beroperasi di 836 MHz sehingga mampu menampilkan grafik dengan fidelitas tinggi ke perangkat.

Chipset MediaTek Dimensity 1100 sendiri telah diproduksi dengan fabrikasi 6nm dan diklaim menawarkan kinerja yang lebih baik, efisiensi energi, konektivitas, dan  pengalaman pengguna terbaik bahkan saat memainkan game berat.

Sekilas Prosesor MediaTek Dimensity 1100

Prosesor MediaTek Dimensity 1100 sendiri diproduksi dengan teknologi fabrikasi 6nm yang diklaim mampu memberikan efisiensi kinerja tinggi untuk menghasilkan performa, efisiensi daya, dan konektivitas lebih baik.

Chipset ini dirancang dengan Central Processing Unit (CPU) delapan core yang mencakup empat core Arm Cortex-A78 yang beroperasi hingga 2,6GHz dan empat core efisiensi Arm Cortex-A55.

Arsitektur CPU ini dikombinasikan dengan Graphics Processing Unit (GPU) Arm Mali-G77 sembilan core yang beroperasi di 836 MHz untuk menampilkan grafik dengan fidelitas tinggi ke perangkat.

Sebagai smartphone pertama di Indonesia yang ditenagai Dimensity 1100, POCO X3 GT mampu memberikan pengalaman terbaik saat bermain game. Tercatat, Dimensity 1100 di Poco X3 GT mampu mencapai skor 686.600 pada pengujian benchmark AnTuTu versi 9.0.5.

Deputy Director Corporate Sales of Southeast Asia MediaTek, Cedric Chang mengatakan, MediaTek Dimensity 1100 telah didukung dengan arsitektur CPU dan GPU berperforma tinggi. Prosesor ini juga dirancang dengan teknologi fabrikasi terbaik untuk memberikan kinerja unggulan dengan efisiensi daya yang lebih baik

Keunggulan MediaTek Dimensity 1100

Beberapa waktu yang lalu, MediaTek terkesan sebagai prosesor kelas dua yang kalah populer dengan Snapdragon. Maklum, produknya kebanyakan dipakai oleh smartphone kelas menengah ke bawah.

Namun belakangan ini MediaTek memiliki sebuah lini produk yang membuat mereka siap naik kelas, yaitu Dimensity.

Ada empat lini produk Dimensity yang dimiliki oleh MediaTek, yaitu 700 series, 800 series, 900 series, dan 1000 series. Semakin besar angkanya, semakin tinggi levelnya alias semakin flagship.

Kini mulai banyak produsen smartphone yang menggunakan Dimensity pada produk unggulan mereka.

Poco X3 GT resmi diluncurkan di Indonesia pada 19 Agustus 2024. Salah satu keunggulan yang ada di ponsel ini adalah prosesor MediaTek Dimensity 1100.

Sebelum membahas tentang fitur-fitur unggulan, mari kita simak dulu spesifikasi dari Dimensity 1100. Ini adalah chipset dengan fabrikasi 6nm yang juga menawarkan efisiensi daya yang baik.

“MediaTek Dimensity 1100 telah didukung dengan arsitektur CPU dan GPU berperforma tinggi serta dirancang dengan teknologi fabrikasi terbaik untuk memberikan kinerja unggulan dengan efisiensi daya yang lebih baik,” ujar Cedric Chang, Deputy Director Corporate Sales of Southeast Asia MediaTek.

MediaTek Dimensity 1100 mengandalkan CPU 8-core yang terdiri dari 4-core Cortex-A78 2.6 GHz dan 4-core Cortex-A55 sebagai core efisien. Untuk urusan grafis, Dimensity 1100 menggunakan Mali-677 9-core 836MHz, yang diklaim dapat menghadirkan grafik dengan fidelitas tinggi.

Apa yang membedakan Dimensity 1100 dengan Dimensity 1200? Menurut MediaTek, perbedaaannya tidak terlalu signifikan. Teknologi yang ditanamkan sama, kecuali pada Dimensity 1200, MediaTek menggunakan Cortex-A78 berkecepatan 3GHz.

POCO X3 GT juga telah dilengkapi dengan teknologi Turbo Charging 67W yang pertama kali hadir pada smartphone POCO, untuk mengisi ulang daya baterai 5000mAh dengan cepat.

Lebih lanjut, HP andalan POCO Indonesia ini hadir dengan layar 120Hz untuk memastikan pengalaman pengguna yang lebih mulus, serta layarnya dibalut dengan Corning Gorilla Glass Victus yang juga merupakan kali pertama di POCO agar lebih tangguh terhadap goresan dan benturan.

Keunggulan utama POCO X3 GT ada pada chipset Mediatek Dimensity 1100 yang beroperasi dengan arsitektur serupa chipset terbaik empat core utama Arm Cortex-A78 terbaru yang memiliki clock speed hingga 2,6GHz, serta empat core efisiensi Arm Cortex-A55 dengan clock speed hingga 2GHz.

Arsitektur CPU ini, dikombinasikan dengan GPU ARM Mali-G77 MC9 yang berjalan di 836 MHz, bahkan digadang-gadang mampu menjalankan game-game berat yang telah rilis saat ini dengan mulus.

Performa kencang untuk berbagai kebutuhan

Untuk mendukung sasaran POCO pada produk X3 GT tersebut, tak salah jika POCO menjatuhkan pilihan pada SoC (Sistem-on-Chip) MediaTek Dimensity 1100 ini.

Dimensity 1100 diproduksi dengan teknologi fabrikasi 6nm yang mampu menghasilkan performa kencang dan konektivitas lebih baik, tapi tetap menjaga efisiensi daya.

Dengan modal tersebut, Dimensity 1100 pada POCO X3 GT dijanjikan mampu memberikan performa super kencang untuk berbagai kebutuhan, termasuk gaming. Pengujian dengan aplikasi benchmark AnTuTu 9.0.5 menghasilkan skor 686.600. Kinerja tingginya didampingi LiquidCool Technology 2.0 yang dapat menurunkan suhu hingga 11 derajat.

Performa yang ditawarkan tidak lepas dari hardware lainnya seperti staroge dengan teknologi UFS 3.1 berkapasitas hingga 256 GB. Selain itu, POCO X3 GT didukung virtual expandable RAM hingga 2 GB untuk menambah memorinya.

MediaTek mengklaim, Dimensity 1100 dapat membuka aplikasi lebih cepat dan mengunduh aplikasi serta game populer lebih cepat dibandingkan dengan kompetitor. Chipset ini juga memiliki APU yang dibuat untuk memastikan performa AI dengan performa 40 persen lebih tinggi dari pesaingnya.

Kalau dibandingkan dengan Dimensity 1000+, Dimensity 1100 dapat menghadirkan performa 16 persen lebih cepat dengan efisiensi yang 25 persen lebih baik. Untuk menangkap foto dalam mode malam (Night Mode), Dimensity 1100 juga diklaim 20 persen lebih cepat dari Dimensity 1000+.

HyperEngine 3.0

Performa tinggi umumnya identik dengan panas yang berlebih. Untunglah, POCO X3 GT dilengkapi dengan LiquidCool Technology 2.0, teknologi pendinginan cair unggulan yang memastikan performa smartphone tetap stabil.

Bukan chipset MediaTek namanya jika tidak mengedepankan teknologi HyperEngine. Selain mengoptimalkan performa, pada versi 3.0 yang dibenamkan di Dimensity 1100, teknologi ini memiliki fitur Call & Data Concurrency 3.0 agar pengguna tetap dapat melanjutkan permainan setelah menerima panggilan telepon.

Teknologi 5G dan WiFi6

Selanjutnya soal 5G. Dimensity 1100 dibekali teknologi True Dual 5G (5G SA + 5G SA) untuk mendukung konektivitas 5G pada kedua kartu SIM. Ada pula teknologi ‘intelligent sensing’ untuk pelacakan koneksi yang lebih cepat dengan kecepatan unduh 5G hingga 400 Mbps.See also

Teknologi 5G pada Dimensity 1100 dijanjikan mampu memastikan pengalaman 5G yang mulus dengan waktu pemulihan yang lebih cepat. Perlu diketahui bahwa modem 5G pada Dimensity 1100 di POCO X3 GT mendukung band n3 (1800 MHz) yang dipakai oleh Indosat Ooredoo. Yang tidak kalah menarik, Dimensity 1100 hadir dengan built-in WiFi 6 yang merupakan generasi baru.

Game yang cocok untuk Poco x3 GT

POCO Indonesia berkomitmen mendobrak pasar dengan menghadirkan smartphone performa ekstrem, harga ekstrem. Mulai dari 4 jutaan nikmati berbagai keunggulan yang dimiliki chipset MediaTek Dimensity 1100 pada POCO X3 GT ini, khususnya untuk memainkan berbagai game berat, bisa dinikmati pengguna.

Sebut saja PUBG Mobile, Genshin Impact, Call of Duty Mobile, hingga Mobile Legend, semua mampu dimainkan dengan mulus melalui POCO X3 GT. Tim POCO Indonesia telah mencoba bermain game-game tersebut dan berikut ini adalah beberapa hasilnya:

  1. Game populer pertama yang dimainkan adalah PUBG Mobile. Game seluler Battle Royale yang dibuat secara independen oleh Lightspeed & Quantum Studios dari Tencent Game ini telah dirilis secara global sejak Maret 2018 yang berfokus pada kualitas visual, peta, pengalaman menembak, serta aspek lainnya untuk memberikan pengalaman Battle Royale yang nyata bagi para pemain. Dimainkan selama 10 menit dengan POCO X3 GT pada pengaturan Smooth di Extreme 60 FPS, tim POCO mendapatkan hasil stabil 60 FPS selama permainan dengan rata-rata suhu di bodi smartphone 39,2°C. Suhu yang nyaman bagi genggaman pemain game ini.
  2. Call of Duty Mobile yang merupakan sebuah game free-to-play yang dikembangkan oleh TiMi Studios dan dipublikasikan untuk perangkat Android dan iOS. Game ini secara resmi dirilis pada 1 Oktober 2019 yang menghadirkan semua mode permainan, dari Player vs. Player (PVP) hingga Battle Royale. Tim POCO berkesempatan mencoba memainkan selama 10 menit dengan pengaturan Very High di Ultra 90 FPS. Hasilnya, secara stabil mampu dimainkan di 90 FPS dengan suhu rata-rata di bodi perangkat sebesar 39,2°C. Masih merupakan suhu yang nyaman untuk para pemain game ini.
  3. Mobile Legend Bang Bang atau akrab disebut MLBB adalah game mobile yang sangat populer saat ini. MLBB adalah sebuah game mobile berjenis Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Moonton, anak usaha dari ByteDance. Tim POCO cukup sering memainkan game ini dan dalam pengujian 10 menit permainan pada pengaturan High di 60 FPS, didapatkan hasil stabil 60 FPS dengan suhu bodi rata-rata perangkat sebesar 38,8°C. Pengguna akan merasakan kenyamanan yang baik untuk memainkan game ini melalui POCO X3 GT.
  4. Game terakhir yang dicoba tim POCO merupakan game yang disebut-sebut paling “berat”, yaitu Genshin Impact. Genshin Impact adalah permainan free-to-play action RPG dunia terbuka yang dikembangkan oleh miHoYo. Tim POCO mencoba game yang telah dirilis tanggal 28 September 2020 ini selama 10 menit dengan pengaturan Highest 60 FPS. Di sini kinerja POCO X3 GT dikuras maksimal dan mendapatkan hasil fluktuatif dengan rata-rata 48 FPS pada suhu rata-rata bodi perangkat di 41,8°C. Pengalaman bermain dan suhu yang cukup nyaman bagi para pecinta game ini.

Spesifikasi dan harga POCO X3 GT

POCO X3 GT dilengkapi dengan layar berukuran 6,6 inch DotDisplay dan memiliki resolusi FHD+ alias 2400 x 1080.

Penggemar game bakal dimanjakan dengan layar yang responsif, berkat refresh rate 120 Hz dan touch sampling rate 240 Hz.

Harga Poco X3 GT ditawarkan Rp 4.399.000 untuk varian 8GB/128GB. Sementara varian 8GB/256GB dijual Rp 4.799.000. Smartphone ini hadir dengan tiga pilihan warna, Stargaze Black, Cloud White, dan Wave Blue.

Poco X3 GT sudah bisa dibeli lewat situs resmi POCO Indonesia di Po.co.id, Authorized POCO Store, Authorized Mi Store, Authorized Mi Shop, Akulaku, Shopee, dan akan segera hadir di Erafone. Penjualan offline akan dimulai tanggal 2 September 2024 di seluruh Mi Partner di Indonesia.

Selain dipersenjatai Dimensity 1100, POCO X3 GT merupakan ponsel dengan layar 6,6 inci DotDisplay Full HD+ dengan refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 240Hz. Baterainya berkapasitas 5.000 mAh, dan didukung teknologi Turbo Charging 65W yang dijanjikan dapat mengisi daya dari 0 hingga 100 persen dalam waktu hanya 42 menit saja.

Pada sektor kamera, POCO X3 GT mengandalkan sensor utama 64 MP di belakang dan ditemani 8 MP ultra-wide serta makro 2 MP. POCO membenamkan fitur-fitur seperti real-time video b0k3h dan perekaman video HDR di kedua sisi kamera yang dapat menangkap berbagai macam warna dan kedalaman. Pengguna juga dapat mengaplikasikan salah satu dari delapan filter cinematic movie atau lima template vlog.

Smartphone dengan MIUI 12.5 berbasis Android 11 ini ditawarkan dalam tiga varian warna, antara lain Stargaze Black, Cloud White, dan Wave Blue. Bagi yang berminat, POCO X3 GT dijual dengan harga Rp4.399.000 untuk varian 8GB/128GB, dan Rp4.799.000 untuk varian 8GB/256GB.

Tidak hanya melalui smartphone belasan juta saja, pengguna kini sudah dapat merasakan pengalaman bermain game terbaik pada berbagai aplikasi game berat yang populer dimainkan dari smartphone dengan rentang harga 4 jutaan ini.

Saat kamu tidak membutuhkan refresh rate tinggi, Teknologi DynamicSwitch POCO akan menyesuaikan refresh rate layar secara cerdas, mulai dari 30 Hz hingga 120 Hz. Dengan demikian konsumsi daya tetap akan terjaga.

Selain itu, rentang warna DCI-P3 yang terpasang pada layar IPS mampu merepresentasikan rentang warna yang lebih luas, baik warna primer RGB yang lebih tajam, hingga warna sekunder CMYK yang lebih kaya.

Supaya kamu merasa lebih aman menggunakan POCO X3 GT ini, layarnya telah dilapisi dengan Gorilla Glass Victus, lapisan layar terkuat saat ini.