Kumpulan 100+ Kode Keyboard Pada Laptop dan PC (shortcut)

Kode Keyboard – Banyak penggunan komputer atau laptop merasa lama dalam mengoprasikannya. sekarang keyboard eksternal dengan kode keyboard untuk windows dapat membantu pekerjaan mereka secara efisien. adalah kombinasi dua tombol atau lebih yang apabila ditekan secara bersamaan akan menimbulkan reaksi spesifik pada sistem komputer atau bahasa mudahnya adalah tombol cepat atau jalan pintas membuka program aplikasi.

Kemampuan dalam menggunakan tombol cepat ini membuat kamu terlihat profesional. Bagi pengguna dengan keterbatasan daya penglihatan dan mobilitas, kode keyboard lebih mudah digunakan daripada layar sentuh dan alternatif lain dengan menggunakan mouse.

kode keyboard atau shortcut adalah kombinasi tombol keyboard yang bisa ditekan bersamaan untuk menjalankan fungsi tertentu di komputer. Pintasan seperti ini lebih praktis dan lebih mudah bagi pengguna komputer yang ingin mempercepat dalam tugas pekerjaanya, dengan menggunakan kode-kode ini nanti kalian lebih cepat ketimbang membuka menu dengan mouse yang membutuhkan beberapa kali klik.

Intinya kita mampu mengendalikan komputer tanpa bantuan mouse sedikitpun. Orang-orang yang mahir komputer juga sering menggunakan teknik ini. Jadi kalau kamu pengen terlihat mahir komputer, pelajari dan hafalkan macam-macam shortcut keyboard ini. Meskipun membutuhkan kebiasaan dan waktu belajar. Kamu bisa mulai membiasakan diri, dengan beberapa shortcut selama seminggu.

Sekilas Tentang Kode Keyboard

Pada zaman sakarang ini teknologi berkembang sangat pesat, perkembangan tersebut bukan saja menarik perhatian orang dewasa saja, tetapi juga menarik perhatian anak, remaja, bahkan orang tua. seperti halnya komputer dan laptop semakin cepat perkembangan kecanggihannya melalui kode keyboard

Kalau soal harganya mungkin anda sudah tahu berapa harganya sekarang, ada yang  sedikit murah bahkan ada yang dikategorikan mahal, semua itu tergantung dari kualitas dan kecanggihan dari komputer atau laptop tersebut.

Namun perlu anda ketahui walaupun harganya berbeda ada juga persamaannya yaitu kode – kode kontrol yang terdapat didalam alat tersebut. Kode – kode tersebut sangat berguna untuk mempercepat kinerja kita. 

Kumpulan Kode Keyboard (Shortcut)

Banyak kumpulan kode keyboard atau shortcut yang belum diketahui banyak orang, namun anda jangan khawatir admin domainjava akan memberi 100+ kode keyboard yang sudah kami rangkum dibawah ini.

Shortcut dasar:

1. Ctrl + Z: Undo. kode ini berfungsi untuk membatalkan perintah sebelumnya.

2. Ctrl + A: Pilih semua. digunakan untuk memblok keseluruhan teks atau file.

3. Ctrl + C: Salin (copy). Berfungsi untuk menyalin atau mengcopy file maupun teks.

4. Ctrl + V: Tempel (paste). Berfungsi untuk menggandakan dengan cara menempelkan atau menampilkan hasil teks yang sudah di-copy/salin sebelumnya.

5. Ctrl + X: Potong (cut). Berfungsi untuk memotong atau memindahkan teks (teks diblok terlebih dahulu).

6. Alt + Tab: Beralih layar. Digunakan untuk move forward melalui tab atau beralih antara item yang terbuka.

7. Ctrl + Alt + Del: Mengakses Task Manager. Kode ini untuk mengakses Task Manager. Taks Manager digunakan untuk mengecek ketika komputer kamu lemot atau tuidak merespons.

8. Alt + F4: Tutup Aplikasi. Shortcut ini Berfungsi menutup jendela dokumen, sekaligus menutup aplikasi.

9. Ctrl + F: Temukan. Berfungsi untuk membuka menu dan mencari File atau kotak dialog Find and Replace (pencarian kata).

10. Ctrl + H: Temukan & Ganti. jika anda igin membuka menu atau kotak dialog Find and Replace silahkan anda enggunakan kode ini.

11. Ctrl + E: Pilih kotak pencarian. kode ini dapat menampilkan navigasi pencarian.

12. Ctrl + N: Membuka jendela baru. digunakan untuk membuka file atau jendela baru tergantung apakah kamu bekerja di browser atau offline.

13. Ctrl + Mouse Scroll. Berfungsi untuk memperbesar dan memperkecil tampilan layar monitor saat membuka file atau folder.

14. Win + L: Mengunci layar. kode Ini membantu kamu mengunci layar komputer. Tak ada yang akan bisa membuka kecuali dengan memasukkan kata sandi yang ditetapkan pada komputer itu.

15. Win + D: Menampilkan dekstop. Berfungsi menampikan pintasan ini dengan cepat meminimalkan semuanya dan menampilkan desktop.Ini sebenarnya adalah opsi cepat. Tidak peduli berapa banyak tab/jendela yang terbuka,

16. Win + Tab + Shift: Beralih tampilan tugas.

Kode keyboard ini Sangat dekat dengan apa yang dilakukan Alt + Tab tetapi ini adalah navigator aplikasi windows letters level lebih lanjut. Saat kamu menekannya, kamu akan melihat layar semua program terbuka dan program yang paling sering digunakan.

17. Win + C: Membuka Cortana. Membantu melakukan berbagai tugas seperti mencari aplikasi ,mencari konten atau informasi di Internet membuat catatan, , melacak berbagai catatan seperti jadwal meeting dan lain- lain. Biasanya Cortana digunakan di Windows 10.

18. Win + Prtscn: Menyimpan Screenshot. kode ini dapat mengambil tangkapan layar secara otomatis tanpa aplikasi.

19. Win + I: Buka pengaturan. Kamu bisa Tekan saja Win + I dan kamu dapat membuka menu pengaturan untuk windows.

20. Win + S: Cari untuk Windows. kode ini untuk mencari file atau aplikasi yang tidak dapat kamu temukan di PC kamu. Untuk ini, windows mempunyai bilah pencarian.

21. Fn + F2: Ganti nama. Dengan menggunakan Fn + F2 kamu dapat dengan cepat menggunakan opsi ganti nama file saat file atau folder dipilih.

22. Fn + F5: Refresh. Jika PC kamu macet dan prosesor tidak dapat berjalan? Refresh adalah metode lama yang bagus untuk menjalankan progam kembali. dengan Menekan Fn + F5 kamu dapat menyegarkan windows.

23. Win + X: Menu tersembunyi. jika kamu Tekan Win + X berfungsi untuk melihat pop-up. Ini akan memberi kamu akses ke semua area penting dari sistem windows memiliki menu tersembunyi.

24. Win + V: Navigasi melalui notifikasi. pintasan ini akan membantu anda dengan mudah beralih ke semua notifikasi. dan Jika anda telah mengkonfigurasi notifikasi dan peringatan pada sistemnya, kode keyboard ini Sangat berguna untuk orang yang sarat dengan notifikasi.

25. Win + Ctrl + B: Buka aplikasi yang menampilkan pemberitahuan. kode ini akan mempermudah anda beralih ke aplikasi yang mengirimi kamu notifikasi.

100+ shortcut keyboard kode lainya anda bisa cari di google lewat link ini

Demikianlah penjelasan kode keyboard yang dapat mimin berikan semoga bermanfaat terimakasih