Mengapa Bangsa Barat Melakukan Penjelajahan Samudra 

Penjelajahan samudra oleh bangsa Barat pada Abad Pertengahan dan Awal Modern disebabkan oleh sejumlah faktor yang saling terkait:

Tujuan Perdagangan: Salah satu motif Mengapa Bangsa Barat Melakukan Penjelajahan Samudra  adalah untuk mencari rute perdagangan baru yang menguntungkan. Bangsa-bangsa Eropa berusaha menemukan jalan laut langsung ke Asia untuk memperoleh rempah-rempah dan barang-barang mewah lainnya dengan harga yang lebih murah daripada yang ditawarkan oleh para pedagang Muslim dan Venesia yang mendominasi rute perdagangan darat.

Pencarian Kekayaan: Rute perdagangan baru diharapkan akan membuka peluang bagi kekayaan baru, termasuk emas, perak, dan hasil alam lainnya. Ekspedisi samudra juga diyakini bisa membuka peluang untuk menemukan kekayaan dan wilayah baru yang belum dieksplorasi.

Penyebaran Agama dan Kekuasaan: Selain keuntungan ekonomi, penjelajahan samudra juga didorong oleh dorongan untuk menyebarkan agama Kristen dan memperluas pengaruh politik dan kekuasaan. Misalnya, penjelajahan yang dipimpin oleh Spanyol dan Portugal sering kali dipicu oleh semangat misionaris untuk mengkonversi orang-orang di wilayah-wilayah yang mereka temui.

Pengetahuan dan Teknologi: Kemajuan dalam teknologi pelayaran seperti kompas, peta, dan kapal yang lebih kuat membuat penjelajahan samudra menjadi lebih mungkin dan lebih aman. Pengetahuan dari bangsa-bangsa lain seperti bangsa Arab dan Cina juga berkontribusi pada kemajuan teknologi pelayaran Eropa.

Pencarian Jalur Alternatif: Selama berabad-abad, perdagangan dengan Asia Timur diatur oleh pedagang Arab dan Venesia. Namun, penjelajahan samudra dilakukan untuk mencari jalur alternatif yang dapat melewati daerah-daerah ini dan menghindari pembatasan dan biaya yang dikenakan oleh pedagang tersebut.

Prestise dan Penghargaan: Kesuksesan dalam penjelajahan samudra memberikan prestise kepada negara-negara Eropa dan pemimpin-pemimpin mereka. Penjelajahan menjadi lambang keberanian, keberhasilan, dan keunggulan nasional.

Dengan faktor-faktor di atas, bangsa Barat – terutama Spanyol, Portugal, Inggris, dan Belanda – terdorong untuk menjelajahi samudra dan membuka era baru dalam sejarah dunia, yang dikenal sebagai Era Penjelajahan.