60+ Peluang Usaha Sampingan Karyawan Menjanjikan di Tahun ini

Peluang Usaha Sampingan – Memiliki usaha sendiri sering dijadikan salah satu pilihan oleh anak muda masa kini. Tak perlu bekerja pada orang lain dan bisa menghasilkan keuntungan sendiri tentu merupakan hal yang dicari. Gak heran, banyak anak muda yang berbondong-bondong mulai terjun ke dalam berbagai bisnis mandiri.

Ingin membuka usaha sendiri tapi modal cuma seadanya? Tenang saja, Domainjava.com kasih bocoran tentang 10 macam bisnis yang bisa kamu rintis meski modal awalmu cuma tiga juta rupiah. Apa saja? Yuk, disimak!

Apakah kalian tau jika kita sebenarnya tidak membutuhkan banyak uang untuk memulai bisnis yang sukses.
Di samping mengetahui Peluang Usaha Sampingan yang meyakinkan, kesuksesan usaha tersebut juga bisa dilihat dari bagaimana sikap Anda memahami pasar yang dituju.

Coba lakukan market research yang mendalam untuk mengetahui apa karakter yang dimiliki pasar Anda Salah satu faktor utama orang mencari pekerjaan adalah soal gaji.

Meskipun gaji bukanlah satu-satunya motivator bagi para professional di tempat kerja, namun bisa dibilang gaji karyawan adalah motivasi utama.

Itulah kenapa penting bagi para pencari kerja atau karyawan untuk mengetahui harga pasar menempatkan kandidat pada posisi yang lebih baik untuk bernegosiasi sebelum menerima pekerjaan baru atau mendapatkan promosi di tempat kerja.

Semakin tinggi senioritas di tempat kerja, semakin tinggi juga gaji yang didapat, mungkin itulah yang dipercaya orang kebanyakan.

Saat ini, sudah ada banyak sekali peluang usaha yang mampu memberikan keuntungan berkali-kali lipat. Bahkan Sedulur bisa bekerja di rumah untuk mendapatkan keuntungan sendiri. Terlebih lagi di kondisi ekonomi karena pandemi seperti saat ini, semua orang dituntut untuk mempunyai kemampuan usaha agar bisa tetap bertahan. Peluang ini adalah kesempatan yang kita miliki untuk membuka suatu usaha tertentu agar bisa sukses dan menjadi besar nantinya.

Untuk mencapai peluang usaha, diperlukan ketekunan dan juga keseriusan agar uang yang sudah dikeluarkan untuk modal itu tidak terbuang sia-sia. Maka dari itu, mulailah bisnis Sedulur dengan bijaksana.

Manfaatkan waktu seoptimal mungkin dan jangan pernah melewatkan kesempatan sekecil apapun itu. Kesempatan yang kecil bisa memberikan efek yang besar jika Sedulur memanfaatkannya dengan benar. Nah, jika Sedulur sudah paham, sekarang mari bahas peluang usaha yang bisa Sedulur simak dan pahami.

Rekomendasi Peluang Usaha Sampingan Yang Menjanjikan

Saat ini, sudah ada banyak sekali peluang usaha yang mampu memberikan keuntungan berkali-kali lipat. Bahkan Sedulur bisa bekerja di rumah untuk mendapatkan keuntungan sendiri. Terlebih lagi di kondisi ekonomi karena pandemi seperti saat ini, semua orang dituntut untuk mempunyai kemampuan usaha agar bisa tetap bertahan. Peluang ini adalah kesempatan yang kita miliki untuk membuka suatu usaha tertentu agar bisa sukses dan menjadi besar nantinya.

Untuk mencapai peluang usaha, diperlukan ketekunan dan juga keseriusan agar uang yang sudah dikeluarkan untuk modal itu tidak terbuang sia-sia. Maka dari itu, mulailah bisnis Sedulur dengan bijaksana.

1. Jus buah.

10 Ide Bisnis yang Cuma Butuh Modal Rp 3 Jutaan Sajasnapkitchen.com

Hidup sehat memang sedang jadi lifestyle primadona sekarang ini. Tiap orang memimpikan untuk memiliki tubuh yang sehat dan ideal. Oleh sebab itu, membuka bisnis jus buah sehat tentu akan memiliki prospek cerah ke depannya. Bahkan, bisnis ini bisa kamu mulai hanya dengan modal awal tiga juta rupiah.

Kunci supaya usaha jus buahmu ini laris manis adalah dengan memberi kemasan yang berbeda. Jika jus buah lain hanya menggunakan gelas plastik, maka kamu bisa menggunakan botol kaca dan menjualnya secara online.

2. Makanan unik dan belum pernah ada di kota kamu.

10 Ide Bisnis yang Cuma Butuh Modal Rp 3 Jutaan Sajaabout.meetball.com

Bisnis makanan memang tak pernah sepi pelanggan. Jika kamu lihai dalam membuat menu dan memadupadankan bumbu tentu saja bisnis ini bakal selalu kebanjiran orderan. Selain itu, lirik bisnis makanan yang memang unik dan belum ada di kotamu. Misalnya saja es krim mochi, tachos, fish and chips, serta lainnya.

Untuk memulai bisnis ini kamu gak harus membuka gerai sendiri kok. Manfaatkan saja jejaring sosial yang ada sebagai lapak dagangan. Dengan begini kamu bisa menghemat dana dan menggunakan modal tiga juta rupiah untuk membeli bahan bakunya.

3. Parcel wisuda.

10 Ide Bisnis yang Cuma Butuh Modal Rp 3 Jutaan Sajasentrabunga.com

Bisa dipastikan momen wisuda selalu ada sepanjang tahun dan inilah alasan mengapa terjun ke dalam bisnis parcel wisuda tentu akan sangat menggiurkan. Dengan modal awal tiga juta rupiah saja kamu sudah bisa memulai bisnis ini. Jangan malas untuk survei bahan baku yang paling murah dengan mutu bersaing. Selain itu, bentuk parcel wisudamu seunik mungkin sehingga banyak orang tertarik untuk memesan.

4. Pakaian (online shop).

10 Ide Bisnis yang Cuma Butuh Modal Rp 3 Jutaan Sajabisnisukm.com

Berbisnis online memang sedang jadi pilihan utama sekarang ini. Kemudahan serta minimnya modal membuat bisnis ini ramai bak kacang rebus. Kamu juga bisa lho memulai usaha ini sendiri. Kamu bisa berbisnis pakaian dengan memanfaatkan dropshipper atau bahkan berjualan kain dan baju dari pasar tradisional. Harga belinya yang tergolong rendah tentu akan memberikan keuntungan berlipat jika kamu pandai mengemasnya.

5. Jual kue dan camilan.

10 Ide Bisnis yang Cuma Butuh Modal Rp 3 Jutaan Sajablog.lakupon.com

Berjualan kue kering tak hanya bisa dilakukan ketika hari perayaan tiba. Jika kue racikanmu memang enak, para pelanggan akan setia memesan meski bukan hari raya. Kamu bisa memulainya dengan tiga juta rupiah dan membeli bahan-bahan kue dengan mutu nomor satu. Sehingga, hasilnya kuemu benar-benar lezat dan bisa menjaring banyak pelanggan.

6. Katering sehat buat mereka yang diet.

10 Ide Bisnis yang Cuma Butuh Modal Rp 3 Jutaan Sajathebridedept.com

Selain jus buah sehat, katering sehat juga sedang banyak peminatnya. Meski kamu tak lihai memasak, jangan ragu untuk terjun ke bisnis ini. Kamu bisa membeli buku petunjuk mengenai ragam menu katering sehat atau diet mayo. Bahan baku yang dibutuhkan juga tak mahal kok. Bahkan, dengan modal tiga juta rupiah, kamu sudah bisa melayani lebih dari 10 pelanggan pertama.

7. Buka kursus.

10 Ide Bisnis yang Cuma Butuh Modal Rp 3 Jutaan Sajaunsplash.com

Membuka usaha di bidang pendidikan tentu tak akan membuatmu kehabisan konsumen. Kamu bisa lho membuka kursus pendidikan. Ajak juga teman-teman atau pun adik tingkat di bangku kuliah sebagai tenaga pengajar. Kamu bisa memanfaatkan modal awal tiga juta rupiah untuk mencetak berbagai formulir, brosur dan memberi fee awal pada para pengajar. Untuk kantornya, sementara kamu bisa memanfaatkan ruang tamu rumah sendiri. Jika kamu gencar berpromosi via online dan offline, gak heran bisnismu ini bakal makin maju ke depannya.

8. Salad buah.

10 Ide Bisnis yang Cuma Butuh Modal Rp 3 Jutaan Sajacatering.madgreens.com

Gak cuma jus dan katering sehat saja yang sedang jadi trend, salad buah pun juga sama. Meski membuatnya sangat mudah dan bahan baku bisa ditemukan di mana saja, namun banyak orang yang malas membuatnya. Oleh karena itu, kamu bisa menekuni bisnis ini.

Kamu bisa menyasar para pekerja kantoran yang memang ingin bergaya hidup sehat namun tak punya waktu untuk meraciknya sendiri. Dengan modal tiga juta rupiah kamu sudah bisa membeli bahan baku buah-buah segar. Jangan lupa juga ya untuk mendesain bungkus daganganmu semenarik mungkin.

9. Craft dan kerajinan seni lainnya.

10 Ide Bisnis yang Cuma Butuh Modal Rp 3 Jutaan Sajagoodhousekeeping.com

Craft dari kayu dan bergaya vintage memang sedang naik daun. Dengan modal tiga juta rupiah kamu bisa membeli kayu-kayu siap pakai. Tinggal membuatnya menjadi craft yang dilirik di pasaran, misalnya saja jam dinding, kacamata, hingga pajangan dinding. Dijamin deh, para anak muda bakal berbondong-bondong untuk memesan.

10. Buku.

10 Ide Bisnis yang Cuma Butuh Modal Rp 3 Jutaan Sajafjb.kaskus.co.id

Berbisnis buku bisa dijadikan pilihan. Dengan modal tiga juta rupiah, kamu bisa membeli buku-buku bekas miliki saudara atau teman kemudian menjualnya via online. Jika tidak, kamu juga bisa menjual buku-buku baru dengan langsung membeli pada agen dan menjualnya lewat toko online-mu. Barang yang sama dengan harga di bawah toko tentu akan membuat para konsumen tertarik untuk membeli.

Manfaatkan waktu seoptimal mungkin dan jangan pernah melewatkan kesempatan sekecil apapun itu. Kesempatan yang kecil bisa memberikan efek yang besar jika Sedulur memanfaatkannya dengan benar. Nah, jika Sedulur sudah paham, sekarang mari bahas peluang usaha yang bisa Sedulur simak dan pahami.

50+ Peluang Usaha Sampingan Tanpa Modal

Memulai usaha memang selalu identik dengan membuka sebuah toko offline dan membutuhkan modal yang cukup besar. Namun akhir-akhir ini hal tersebut dipatahkan dengan adanya bisnis rumahan online yang bisa dilakukan hanya di rumah saja bahkan dilakukan oleh ibu rumah tangga atau pelajar sekalipun.

Selain untuk mengisi waktu luang, menjalankan ide bisnis rumahan tentu dapat membantu Anda dari sisi ekonomi dengan cara yang lebih praktis dan biaya yang lebih hemat.

Bagi Anda yang tertarik untuk mulai membuka usaha, ada beberapa ide bisnis rumahan yang bisa dijadikan referensi. Mulai dari usaha makanan hingga benda yang sempat viral sehingga menjadi peluang bisnis rumahan.

Ada banyak ide bisnis rumahan yang bisa Anda kembangkan dan hanya memerlukan skill yang benar-benar anda kuasai.

Apalagi dimasa pandemi yang entah kapan berakhirnya begini, rasanya sangat sulit sekali mencari pekerjaan lewat jalur konvensional.

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis Anda sendiri di rumah tetapi tidak ingin menginvestasikan banyak uang di awal, baca terus daftar 50 ide bisnis berbasis rumah yang dapat Anda mulai tanpa uang berikut ini.Siapa Tahu ada yang cocok dengan skill yang anda miliki dan passion anda.

1. Blogger
Anda dapat membuat blog Anda sendiri secara online secara gratis menggunakan platform seperti WordPress dan kemudian memperoleh penghasilan melalui iklan, konten bersponsor, atau penjualan produk.

2. Penulis lepas/ Freelance Writer
Anda juga dapat menawarkan layanan menulis Anda ke blog atau bisnis lain secara freelance.

3. Penulis Ebook
Atau Anda dapat menulis dan menerbitkan ebook Anda sendiri untuk dijual secara online.

Beberapa platform penerbitan mandiri membutuhkan uang di muka, tetapi yang lain memungkinkan Anda untuk menerbitkan karya Anda secara gratis dan kemudian mengambil sebagian dari penjualan.

4. Affiliate Marketer
Program afiliasi memungkinkan Anda memperoleh penghasilan dengan merujuk calon pelanggan ke situs web tertentu.

Anda dapat mendaftar untuk berbagai program afiliasi dan kemudian membagikan tautan di blog, situs web, atau saluran media sosial Anda.

5. Influencer Media Sosial
Jika Anda menggunakan situs media sosial apa pun, Anda dapat membangun pengaruh Anda dari waktu ke waktu dan kemudian menawarkan layanan Anda kepada merek yang mencari influencer untuk mempromosikan produk atau layanan mereka.

6. Manajer Media Sosial
Anda juga dapat membangun bisnis dengan mengelola akun media sosial untuk bisnis lain.

7. YouTuber
YouTube memungkinkan pengguna membuat akun secara gratis.

Dan dengan komputer, telepon, atau peralatan lain yang mungkin sudah Anda miliki, Anda dapat membuat dan membagikan konten video Anda sendiri, lalu mendapatkan bagian dari pembagian iklan.

8. Podcaster
Ada juga banyak alat gratis di luar sana untuk menyiapkan podcast Anda sendiri secara online, yang kemudian memungkinkan Anda memperoleh penghasilan melalui pengiklan.

9. Penjual Barang Koleksi
Jika Anda memiliki barang koleksi atau produk populer di sekitar rumah, Anda dapat membuat akun di eBay dan menghasilkan uang melalui lelang online.

10. Penjual Buku Bekas
Anda juga dapat menjual beberapa buku Anda di situs seperti eBay atau Amazon dan kemudian menggunakan uang itu untuk mengisi stok Anda lebih banyak lagi.

11. Penjual Kerajinan Tangan Daur Ulang
Etsy adalah platform e-niaga lain yang memungkinkan Anda mendaftar secara gratis.

Dan jika Anda bisa berkreasi dengan beberapa bahan yang dapat didaur ulang, Anda bahkan dapat membuat beberapa produk buatan tangan untuk dijual tanpa mengeluarkan uang sedikit pun.

12. Illustrator Custom
Anda juga bisa menjadi kreatif untuk menawarkan produk khusus seperti ilustrasi, sehingga Anda benar-benar dapat dibayar, setidaknya sebagian, bahkan sebelum membuat produk jadi.

13. Layanan Urusan
Meskipun Anda mungkin perlu keluar rumah untuk melakukan beberapa tugas tertentu, Anda dapat menawarkan layanan Anda untuk hal-hal seperti binatu dan belanja dengan imbalan sedikit biaya.

14. Virtual Assistant
Anda juga dapat memulai bisnis B2B di mana Anda menangani berbagai tugas untuk klien secara online sebagai asisten virtual.

15. Konsultan bisnis
Jika Anda sudah menjadi pengusaha yang paham bisnis, Anda dapat memulai bisnis konsultasi Anda sendiri dan cukup berkomunikasi dengan klien Anda melalui email dan Skype.

16. Life Coach
Demikian juga, Anda dapat menawarkan layanan pembinaan kehidupan dan berkomunikasi dengan klien Anda terutama secara online.

17. Graphic Designer
Jika Anda memiliki skill yang baik untuk desain, Anda dapat menggunakan beberapa alat berbasis cloud gratis untuk membuat grafik dasar untuk klien.

18. Web Designer
Atau Anda dapat menawarkan layanan desain web dengan bantuan beberapa tools open sourse gratis.

19. Tutor
Anda juga dapat menyambut klien di rumah Anda di mana Anda dapat mengajar mereka dalam berbagai mata pelajaran.

20. Pelatih pribadi
Jika Anda seorang pengusaha yang paham kebugaran, Anda dapat menyambut klien di rumah Anda di mana Anda dapat mengajar mereka dalam berbagai latihan.

21. Instruktur Yoga
Anda juga dapat bekerja dengan lebih banyak siswa sekaligus sebagai instruktur yoga atau pilates.

22. Guru tari
Atau Anda juga bisa mengajarkan berbagai gaya tarian di lingkungan rumah.

23. Pelatih Musik
Jika Anda mampu memainkan alat musik atau bahkan hanya memiliki pengetahuan tentang vokal, Anda dapat menawarkan layanan Anda sebagai pelatih musik di luar rumah.

24. Dog Walker
Anda juga dapat menawarkan layanan berjalan-jalan anjing kepada pemilik hewan peliharaan di sekitar rumah Anda tanpa harus mengeluarkan uang dari kantong Anda sendiri.

25. Pelatih anjing
Atau Anda dapat menawarkan untuk melatih anjing untuk klien di luar rumah Anda.

26. Penyedia Perawatan Anak
Jika Anda ingin memulai bisnis penitipan anak Anda sendiri, Anda dapat memulai penitipan anak di luar rumah.

27. Detailer Otomatis
Anda juga dapat menawarkan untuk mencuci dan merinci mobil untuk pelanggan yang membawanya ke rumah Anda.

28. Penyusun Pajak
Pengusaha yang berpikiran finansial, Anda dapat menggunakan alat gratis untuk menyiapkan formulir pajak untuk klien.

29. Bookkeeper
Atau Anda dapat menawarkan layanan Anda kepada bisnis dan individu secara lebih berkelanjutan sebagai pemegang buku.

30. Penyedia Layanan Perubahan
Jika Anda ahli dengan jarum dan benang, Anda dapat meminta klien mengirimi Anda pakaian yang perlu diubah.

31. Penyulam Khusus
Selain itu, Anda juga dapat menawarkan layanan bordir khusus kepada pelanggan yang ingin mempersonalisasi pakaian atau barang lainnya.

32. Interior desainer
Jika Anda tertarik pada desain, Anda dapat menawarkan layanan desain dan perencanaan interior tanpa banyak biaya di muka.

33. Fotografer Stok
Sebagian besar bisnis fotografi membutuhkan peralatan studio atau biaya potensial lainnya.

Tetapi hanya dengan kamera dan akses internet, Anda dapat mengambil foto dan menawarkannya untuk dijual di situs web stok foto.

34. Penyedia Layanan Pemesanan Perjalanan
Anda juga dapat menggunakan sejumlah situs perjalanan gratis untuk menemukan penawaran menarik dan membantu wisatawan memesan perjalanan mereka dengan imbalan biaya.

35. Penyedia Entri Data
Jika Anda ingin bekerja dengan klien bisnis, Anda juga dapat dengan mudah menawarkan layanan entri data tanpa harus membeli peralatan khusus.

36. Penerjemah
Bagi mereka yang memahami lebih dari satu bahasa, Anda juga dapat menawarkan layanan terjemahan kepada klien.

37. Peneliti Online
Anda juga bisa membangun bisnis dengan menawarkan layanan riset online.

Dan yang Anda butuhkan hanyalah komputer dan koneksi internet.

38. Ghost Writer
Jika Anda ingin membantu penulis atau pemilik bisnis yang memiliki komitmen yang tidak dapat mereka penuhi, Anda dapat menawarkan layanan Anda sebagai penulis bayangan untuk memberi mereka konten untuk dipublikasikan.

39. Proofreader
Atau Anda dapat menawarkan layanan proofreading sederhana kepada penulis, blogger, pelajar, atau orang lain.

40. Editor
Anda bahkan bisa mendapatkan informasi lebih mendalam dan menawarkan layanan pengeditan lengkap untuk penulis atau bisnis.

41. Penulis Resume
Jika Anda ingin membantu pencari kerja berhasil, Anda dapat menawarkan layanan Anda sebagai penulis atau editor resume langsung dari rumah Anda.

42. Penerbit Majalah Online
Dengan beberapa alat berbasis cloud gratis untuk memulai majalah atau buletin online Anda sendiri.

43. Voice Artis
Anda juga dapat menggunakan beberapa alat online gratis untuk memasarkan diri Anda ke bisnis dan klien yang berbeda sebagai artis suara.

44. Vacation Rental Person
Jika Anda memiliki kamar cadangan di rumah, Anda dapat menggunakan layanan gratis seperti Airbnb, di mana Anda cukup membayar biaya layanan untuk setiap reservasi.

45. Baker
Dengan beberapa persediaan dan bahan dasar yang mungkin sudah Anda miliki di rumah, Anda dapat menjual makanan yang dipanggang secara online atau ke toko kue lokal.

46. Event Planner
Untuk wirausahawan yang sangat terorganisir dan berorientasi pada detail, Anda dapat membangun bisnis sebagai perencana acara yang bekerja dengan klien terutama di luar kantor.

47. Promotor Acara Online
Anda juga dapat menggunakan alat online gratis seperti Facebook untuk mempromosikan acara untuk klien secara online.

48. Scrapbooker
Dengan beberapa perlengkapan kerajinan dasar, Anda dapat membuat tata letak lembar memo Anda sendiri untuk dijual secara online atau bahkan membuat halaman khusus untuk klien.

49. Dukungan Teknis Online
Untuk wirausahawan yang paham teknologi, Anda dapat menawarkan layanan dukungan teknis dengan sedikit biaya kepada pelanggan yang menghubungi Anda melalui telepon atau online.

50. Desainer Kaos
Situs seperti CafePress memungkinkan Anda mendaftar untuk mendapatkan akun gratis, di mana Anda dapat membuat dan mengunggah desain Anda sendiri untuk dicetak pada t-shirt dan produk lainnya.

Dan kemudian Anda bisa mendapatkan uang saat produk tersebut laku.

Nah itu dia 50 Peluang Usaha Sampingan karyawan  yang bisa dimulai bahakan tanpa mengluarkan uang sepeserpun. Semoga bermanfat dan membantu kalian yang lagi bingung ingin memulai bisnis apa.

Simak Artikel Lainnya di Google News

Related posts