Soal dan Jawaban Sejarah Kelas 10 Bab 1 Halaman 23-26 Kurikulum Merdeka: Pengantar Ilmu Sejarah

Artikel ini akan menyajikan tanya jawab sejarah kelas 10 bab 1 halaman 23-26 kurikulum mandiri tentang pengenalan sejarah.

Sobat Soal Jawaban Sejarah Kelas 10 Bab 1 Halaman 23-26 Kurikulum Mandiri Mengenai Pengantar Sejarah dapat anda baca pada artikel ini sebagai tambahan referensi belajar.

Semoga dengan adanya tanya jawab sejarah kelas 10 bab 1 halaman 23-26 kurikulum mandiri tentang pengenalan sejarah, teman-teman bisa lebih memahami materinya.

Di bawah ini adalah soal dan jawaban sejarah kelas 10 bab 1 halaman 23-26 kurikulum mandiri tentang pengenalan sejarah.

Baca Juga: Soal dan Jawaban Sejarah Kelas 10 Bab 1 Halaman 14-17 Kurikulum Merdeka: Pengantar Sejarah

Jawaban Halaman 23-26

Lembar Kegiatan 3
Mohammad Hatta: “Setiap tindakan adalah demi negara yang kamu cintai, jangan kamu khianati.”

Sosok Mohammad Hatta dikenal sebagai negarawan besar Indonesia. Selain menjadi ujung tombak dalam beberapa perundingan dengan pemerintah kolonial Belanda, Hatta merupakan seorang ekonom ulung dan orang pertama yang menjabat sebagai wakil presiden.

Tugas:

1. Menurut Anda, mengapa Bung Hatta dimasukkan sebagai salah satu tokoh penggerak sejarah Indonesia?

Menjawab:
Menurut saya, alasan Bung Hatta dimasukkan sebagai salah satu tokoh penggerak sejarah Indonesia adalah karena jasanya dalam mewujudkan kemerdekaan Indonesia sangat besar.

Bung Hatta merupakan salah satu intelektual yang berjuang untuk memerdekakan Indonesia bukan melalui perang melainkan melalui politik.

Pengaruhnya membangkitkan semangat nasionalisme, bangsa ditakuti penjajah, sehingga sering diasingkan.

Baca Juga: Soal Jawab Bahasa Inggris Kelas 7 Bab 3 Halaman 133-134 Kurikulum Merdeka: Home Sweet Home

2. Mengapa cerita Bung Hatta dapat menjelaskan bahwa beliau adalah pelaku dan saksi sejarah?

Menjawab:
Dari cerita Bung Hatta dapat dikatakan bahwa beliau adalah pelaku sekaligus saksi sejarah, karena beliau merupakan salah satu tokoh yang giat memperjuangkan kemerdekaan bangsa, maka beliau dapat disebut sebagai pelaku sejarah sekaligus saksi karena beliaulah yang menjadi saksi sejarah. disana dan menyaksikan secara langsung proses perjalanan Indonesia menuju kemerdekaannya.

3. Analisislah bagaimana pandangan hidup Bung Hatta mempengaruhi tindakannya?

Menjawab:
Bung Hatta bukan hanya seorang tokoh intelektual tetapi juga seorang tokoh agama. Pandangannya tentang Tuhan sangat mempengaruhi gaya politiknya.

Ia dikenal sebagai sosok yang sangat jujur ​​dan berani membela kebenaran meski mempertaruhkan nyawanya.

4. Menurut anda, dari cerpen Bung Hatta artikel di atas, teladan apa yang patut anda tiru? Mengapa hal ini patut ditiru saat ini?

Baca Juga: Soal Jawab Bahasa Inggris Kelas 7 Bab 3 Halaman 131-133 Kurikulum Merdeka: Home Sweet Home

Menjawab:
Menurut saya, dari cerita Bung Hatta di atas, contoh yang bisa saya tiru adalah nasib bisa diubah dengan belajar keras dan tekun, selain itu dalam memegang amanah kita harus jujur ​​dan berani berdiri di atas kebenaran.

Hal ini patut ditiru selamanya, apalagi saat ini bangsa kita mulai mengalami krisis moral, termasuk dalam dunia politik dimana penguasa jauh dari kata jujur, mengutamakan keinginan dan tidak mempercayai rakyat.Demikianlah soal-soal sejarah kelas 10 bab 1 halaman 23-26 kurikulum mandiri tentang pengenalan sejarah.***

Simak Artikel Lainnya di Google News

Related posts