Tindakan Berpikir tentang Pemikiran Diri Merupakan Definisi Dari Apa? Ini Jawabannya

Tindakan Berpikir tentang Pemikiran Diri Merupakan Definisi Dari – Pola pikir ialah kumpulan keyakinan yang membangun cara berpikir guna mengerti dunia serta dirimu sendiri. Keyakinan berperan penting menentukan apa yang diinginkan dan cara mencapainya. Tindakan berpikir tentang pemikiran diri merupakan definisi dari …

Berpikir kritis adalah kemampuan untuk berpikir jernih dan rasional, memahami hubungan logis antara ide-ide. Berpikir kritis telah menjadi bahan perdebatan dan pemikiran sejak zaman para filosof Yunani awal seperti Plato dan Socrates serta terus menjadi bahan diskusi hingga zaman modern, misalnya kemampuan mengenali berita palsu.

Berpikir kritis dapat digambarkan sebagai kemampuan untuk terlibat dalam pemikiran reflektif dan mandiri. Intinya, berpikir kritis mengharuskan Anda menggunakan kemampuan Anda untuk bernalar. Ini adalah tentang menjadi pembelajar aktif daripada penerima pasif informasi.

Pemikir kritis secara ketat mempertanyakan ide dan asumsi daripada menerimanya begitu saja. Mereka akan selalu berusaha untuk menentukan apakah ide, argumen, dan temuan mewakili keseluruhan gambaran dan terbuka untuk menemukan bahwa mereka tidak.

Pemikir kritis akan mengidentifikasi, menganalisis, dan memecahkan masalah secara sistematis daripada dengan intuisi atau insting. The Foundation for Critical Thinking menunjukkan bahwa berlatih empat langkah berikut akan membantu menjadi seorang pemikir yang kritis:

Berpikir kritis adalah cara berpikir manusia untuk merespon seseorang dengan menganalisis fakta untuk membentuk penilaian. Subjeknya kompleks, dan ada beberapa definisi yang berbeda mengenai konsep ini, yang umumnya mencakup analisis rasional, skeptis, tidak bias, atau evaluasi bukti faktual. Pada dasarnya, bentuk berpikir kritis adalah pemikiran mandiri, pendisiplinan diri, pemantauan diri, dan koreksi diri. Berpikir kritis mengandaikan persetujuan terhadap standar keunggulan yang ketat dan penggunaan yang benar. Ini memerlukan komunikasi yang efektif dan kemampuan pemecahan masalah serta komitmen untuk mengatasi

Pola pikir mempengaruhi kehidupan. Lantas apakah pola pikir juga berperan sangat penting dalam menetapkan pencapaian serta sukses seseorang? Tindakan berpikir tentang pemikiran diri merupakan definisi dari apa?

Dikutid dari wikipedia.org Catatan paling awal tentang pemikiran kritis adalah ajaran Sokrates yang dicatat oleh Plato. Ini termasuk bagian dalam dialog awal Plato, di mana Sokrates terlibat dengan satu atau lebih lawan bicara tentang masalah etika seperti pertanyaan apakah benar bagi Socrates untuk melarikan diri dari penjara.[6] Para filsuf mempertimbangkan dan merenungkan pertanyaan ini dan sampai pada kesimpulan “melarikan diri” yang melanggar semua hal yang dia pegang oleh yang lebih tinggi dari dirinya sendiri: yaitu hukum Athena dan suara pemandu yang diklaim Sokrates dengar.[6]

Sokrates menetapkan fakta bahwa seseorang tidak dapat bergantung pada mereka yang “berwenang” untuk memiliki pengetahuan dan wawasan yang baik. Dia menunjukkan bahwa orang mungkin memiliki kekuasaan dan posisi tinggi namun sangat bingung dan irasional. Sokrates berpendapat bahwa bagi seorang individu untuk memiliki kehidupan yang baik atau memiliki kehidupan yang layak untuk dijalani, ia harus menjadi penanya yang kritis dan memiliki jiwa yang interogatif.[7] Dia menetapkan pentingnya mengajukan pertanyaan mendalam yang menyelidiki secara mendalam ke dalam pemikiran sebelum kita menerima gagasan sebagai sesuatu yang layak dipercaya.

Sokrates menetapkan pentingnya “mencari bukti, memeriksa penalaran dan asumsi dengan cermat, menganalisis konsep dasar, dan menelusuri implikasi tidak hanya dari apa yang dikatakan tetapi juga dari apa yang dilakukan”.[8] Metode pertanyaannya sekarang dikenal sebagai “Pertanyaan Sokrates” dan merupakan strategi pengajaran berpikir kritis yang paling terkenal. Dalam mode pertanyaannya, Sokrates menyoroti perlunya berpikir untuk kejelasan dan konsistensi logis. Dia mengajukan pertanyaan kepada orang-orang untuk mengungkapkan pemikiran irasional mereka atau kurangnya pengetahuan yang dapat diandalkan. Sokrates menunjukkan bahwa memiliki otoritas tidak menjamin pengetahuan yang akurat. Dia menetapkan metode mempertanyakan keyakinan, memeriksa asumsi dengan cermat dan mengandalkan bukti dan alasan yang masuk akal. Plato mencatat ajaran Sokrates dan meneruskan tradisi berpikir kritis. Aristoteles dan skeptis Yunani berikutnya menyempurnakan ajaran Socrates, menggunakan pemikiran sistematis dan mengajukan pertanyaan untuk memastikan sifat sebenarnya dari realitas di luar cara hal-hal muncul dari pandangan sekilas.[9]

Sokrates menetapkan agenda untuk tradisi berpikir kritis, yaitu, untuk secara reflektif mempertanyakan keyakinan dan penjelasan umum, dengan hati-hati membedakan keyakinan yang masuk akal dan logis dari yang—betapapun menariknya egosentrisme asli kita, betapapun mereka melayani kepentingan pribadi kita, betapapun nyamannya. atau menghibur mereka mungkin—kurangnya bukti yang memadai atau landasan rasional untuk menjamin keyakinan.

Berpikir kritis digambarkan oleh Richard W. Paul sebagai gerakan dalam dua gelombang (1994).[10] “Gelombang pertama” dalam berpikir kritis sering disebut sebagai ‘analisis kritis’ yang jelas, yaitu pemikiran rasional yang melibatkan kritik. Rinciannya bervariasi di antara mereka yang mendefinisikannya. Menurut Barry K. Beyer (1995), berpikir kritis berarti membuat penilaian yang jelas dan beralasan. Selama proses berpikir kritis, ide-ide harus beralasan, dipikirkan dengan baik, dan dinilai.[11] Dewan Nasional AS untuk Keunggulan dalam Berpikir Kritis[12] mendefinisikan berpikir kritis sebagai “proses disiplin intelektual secara aktif dan terampil mengkonseptualisasikan, menerapkan, menganalisis, mensintesis, atau mengevaluasi informasi yang dikumpulkan dari, atau dihasilkan oleh, pengamatan, pengalaman, refleksi, penalaran, atau komunikasi, sebagai panduan untuk keyakinan dan tindakan.

Sebenarnya pola pikir ini dibagi jadi 2 golongan yaitu pola pikir yang tetap serta yang bertumbuh. Pola meyakini bahwa bakat, IQ, kemampuan serta sifat seseorang telah ditetapkan sejak lahir dan tak bisa berkembang. Ia menghindar dari tantangan, menyerah dan merasa diancam kesuksesan orang lain dan berpikir negatif.

Pola pikir bertumbuh berkeyakinan bahwa kemampuan dasar dapat berkembang lewat kerja yang keras, latihan, dan bakat cuma awal. Ia banyak mengambil tantangan baru dan memakai kegagalan menjadi peluang bertumbuh. Pola pikir ini dapat dikatakan sebagai pemikiran yang positif

Penggapaian cita-cita terasa lebih ringan dengan penyusunan jadwal produktif, rencana matang, serta lebih berdampak ketika berkecimpung di masyarakat. Tindakan berpikir tentang pemikiran diri merupakan definisi dari pola pikir positif.

Tindakan berpikir tentang pemikiran diri merupakan definisi dari pemikiran positif sebab saat

gagal dalam penyusunan rencana, seorang pemikir merubah rencananya dan kegagalan jadi pelajaran untuk masa mendatang yang tak akan diulang lagi (belajar dari kesalahan).

Jika pemikiran itu ditambah dengan pola pikir kreatif, para pemuda bisa menjadi salah satu daya saing negara. Bersembunyi di balik kurangan diri membuat sering mengeluh dan kurang bersyukur. Kekurangan itu sebaiknya diasah menjadi kekuatan besar.

Terima kekurangan diri. Rasakan bahwa kelebihan diri lebih besar daripada kekurangan. Cintai kekurangan dan kelebihanmu, dan cintai diri sendiri.

Berpikir positif merupakan sikap mental dalam diri untuk menghadapi kondisi yang dialami sebagai akibat logis. Proses pikiran ini melihat segala sesuatu apa adanya.

Kemudian kita kenal juga berpikir kritis yaitu pikiran yang tak hanya kenal satu jawaban saja. sebab ia mencoba membuat kemungkinan jawaban lain, sesuai analisis dan informasi yang diterima.

Berpikir kritis harus masuk akal dan fokus, menetapkan yang dipercaya atau apa yang dilakukan. Pola pikir ini termasuk pola pikir yang positif yang bersifat fleksibel.

Demikian uraian mengenai beberapa pola pikir. Kumpulan keyakinan yang membentuk cara berpikir bisa dipengaruhi oleh lingkungan dan orang-orang terdekat. Karena itu pergaulan dengan orang-orang yang berpikiran positif penting

Tindakan berpikir tentang pemikiran diri merupakan definisi dari cara berpikir positif. Keyakinan yang positif berperan penting dalam menentukan apa yang diinginkan seseorang dan cara mencapainya.

Nah demikian pembahasan domainjava.com tentang artikel Tindakan Berpikir tentang Pemikiran Diri yang diambil dari berbagai sumber. semoga membantu.