Inilah Unsur Fisik Seni Rupa Yang Merupakan Gabungan Titik-titik Yang Bersambung

Unsur Fisik Seni Rupa – kali ini admin Domainjava.com akan memberikan penjelasan tentang unsur fisik seni rupa yang merupakan gabungan titik-titik yang bersambung. sebagai penjelasanyan admin juga memberikan pengertian apa itu kesenian dan apa itu seni rupa

Unsur Fisik adalah bagian yang secara langsung dapat dilihat dan atau di raba dalam sebuah karya Seni rupa seperti bentuk, garis, tekstur, bidang, ruang, warna dan tone (nada gelap terang).

unsur fisik seni rupa yang merupakan gabungan titik-titik yang bersambung
unsur fisik seni rupa

Unsur fisik seni rupa yang merupakan gabungan titik-titik yang bersambung, yaitu ….

A. Garis

B. Volume

C. Tekstrur

D. Warna

E. Bidang

Definisi kesenian menurut beberapa ahli:

  • Suharto Rijoatmojo didalam buku Ethnologie, kesenian adalah segala sesuatu ciptaan manusia untuk memenuhi atau untuk menunjukkan rasa keindahan. Kesenian merupakan hasil dari unsur budaya manusia, yaitu rasa.
  • menurut Alexander Alland, kesenian adalah bermain dengan menghasilkan bentuk transformasi representatif yang estetik. dan Seni pada umumnya merupakan wujud dari budaya dan perasaan manusia.

Definisi seni rupa dalam buku Antropologi Kelas XI SMA dan MA Program Bahasa (2009:4), menerangkan bahwa seni rupa merupakan cabang seni yang membentuk karya seni dan bisa ditangkap oleh mata serta dirasakan dengan rabaan.

Kesan yang diberikan oleh seni rupa merupakan hasil olahan dari konsep garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika. Dapat disimpulkan bahwa sebagian besar nilai keindahan pada karya seni rupa mengandalkan kekuatan visual.

demikianlah penjelasan dari admin tentang unsur fisik seni rupa, semoga dapat bermanfaat untuk adek adek dalam menuntut ilmu. terimakasih

Simak Artikel Lainnya di Google News

Related posts